Selasa, 31 Mei 2011

Batik Kebumen, Motif Batik Tulis Kebumen

Motif Batik Tulis Kebumen, dengan corak yang alami hasil mahakarya dari tangan-tangan terampil yang diwariskan turun temurun dari para leluhur. Motif Batik Tulis Kebumen sangat kaya, karena jumlahnya lebih dari 200 motif. Dengan Motif Jadul (jaman dulu) kembali dihadirkan dengan harapan akan lebih menarik minat para pecinta batik di dunia.

Motif-motif batik asli dari Kebumen antara lain :jagalan, serikit, ngabah butah, kawung jenggot, pugeran, gringsing, ukel camel, sudah mulai dikenal di beberapa kota besar Indonesia. Jenis paling mahal adalah motif batik tulis jagalan dan serikit, karena tingkat kesulitan pembuatannya tinggi, dan dihasilkan  dari bahan baku dengan kwalitas nomer wahid.

Industri batik kebumen kini kembali dikembangkan di tujuh sentra batik yang terpisah di tujuh desa wilayah pada Kabupaten Kebumen. Yaitu di desa Seliling, Jemur, Tanuraksan, Batil, Surotrunan, Kambangsari, Pesawahan dan Ganggengan, Kebumen.

Seluruh perajin kini bertekad mengangkat kembali industri batik dari daerah mereka yang selama ini seakan terlupakan sebagai salah satu daerah penghasil batik.


Batik tulis lembaran dijual mulai kisaran RplOO.000.-Rpl juta-an.





























1 komentar:

CARA VERVAL PESERTA DIDIK PADA vervalpd.data.kemdikbud.go.id

Dalam proses input data siswa pada aplikasi dapodik karena banyaknya pekerjaan utama kita sebagai pendidikan dan harus ditamb...